Membeli sebuah hunian tentu sudah ada dalam list prioritas bagi para pasangan muda. Namun Anda tentu tahu jika urusan untuk membeli hunian, terlebih jika baru pertama kali, tentu bukan hal yang mudah. Karena Anda harus sering berkonsultasi dan berdiskusi langsung bersama pasangan, mencari berbagai tips membeli rumah sekaligus mencari banyak informasi lebih banyak lainnya agar Anda bisa mendapatkan hunian yang diinginkan. 

Tips Membeli Rumah Bagi Pasangan Baru

Jika Anda ingin membeli hunian baru untuk pertama kalinya, coba ikuti beberapa panduan tips membeli rumah berikut ini :

  • Kenali Tujuan Jangka Panjang Anda

Ketahui, apa tujuan membeli hunian? Jangan sekedar hanya membeli rumah namun justru tidak bisa Anda tempati, apalagi jika harus membelinya dengan mencicil. Tetap utamakan rumah Anda sebagai hunian tempat tinggal yang aman di genggaman Anda. Jadi, jangan asal membeli rumah murah tapi justru lokasinya terlalu jauh sehingga membuat Anda justru enggan menempati rumah tersebut dan malah memilih mengontrak rumah atau menyewa apartemen di pusat kota.

Mungkin hal tersebut bisa Anda lakukan apabila hunian yang sudah Anda beli dijadikan sebagai investasi semata dan tidak dengan cara mencicil alias sudah lunas. Hindari memberatkan finansial Anda dengan cara mencicil rumah tetapi juga sambil membayar uang kontrakan atau sewa apartemen.

  • Lakukan perhitungan Dengan Cermat

Seperti kita ketahui bahwa urusan membeli hunian ialah urusan dalam jangka panjang. Maka dari itu, lakukan perhitungan dengan cermat mengenai biaya dan ongkos yang harus dikeluarkan untuk pembelian rumah baru tersebut. Perhitungan tersebut tidak terkecuali meliputi DP atau uang muka, jumlah cicilan uang per bulannya, bunga dalam jangka panjang, pajak, asuransi, hingga utilitas lainnya, seperti pemasangan infrastruktur, ongkos perbaikan hingga ongkos transportasi dan yang lainnya.

Jadi, jangan sampai tergiur dengan iklan cicilan rumah murah setiap bulannya, tapi justru ada biaya-biaya tambahan lain yang masih belum terhitung. Perhitungkan segala sesuatunya dengan membayangkan bagaimana Anda bersama keluarga menempati hunian tersebut selama bertahun-tahun, baru sesuaikan dengan anggaran rumah tangga Anda.

  • Memilih Rumah Sesuai Kebutuhan

Pastikan Anda mengetahui luas hunian yang dibutuhkan. Ketahui pula berapa jumlah ruangan dan kamar yang diperlukan. Selanjutnya, gaya rumah seperti apa yang diinginkan, apakah bergaya tradisional atau modern? Dengan memikirkan segala sesuatunya, hal tersebut dapat membantu Anda agar tidak sembarangan membeli hunian. Perlu Anda ketahui, bahwa membeli hunian adalah pembelian terbesar selama hidup Anda. Jadi rinci secara detail mengenai apa saja yang dibutuhkan.

  • Datangi Pameran Properti

Tidak ada salahnya untuk mendatangi acara pameran property sesekali. Anda dapat leluasa memilih berbagai macam pilihan hunian sesuai kriteria. Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan kelebihan dan kekurangan hunian-hunian tertentu yang menarik perhatian. Selain itu, tanyakan langsung pada developer dan dapatkan beberapa informasi tentang rumah yang Anda inginkan.

  • Coba Konsultasikan Bersama Agen properti

Apabila ada hal-hal yang kurang dimengerti tentang proses pembelian rumah, maka sebaiknya konsultasikan bersama agen properti Anda. Agen properti inilah yang nantinya akan membantu mencarikan hunian yang sesuai kebutuhan serta kemampuan finansial Anda. Selain itu, agen properti biasanya selalu siap membantu prosesnya, seperti halnya bernegosiasi, memperoleh pinjaman serta menyelesaikan semua dokumen yang dibutuhkan. Apabila Anda membeli hunian langsung dari developer, sebaiknya periksa track record pengembang tersebut. 

  • Tentukan Metode Pembayaran

Biasanya metode pembayaran yang disediakan developer property adalah tunai bertahap, tunai keras, hingga KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Lalu sesuaikan metode pembayaran dengan kapasitas Anda. Apabila dana mencukupi untuk pembelian secara tunai keras, sebaiknya pilih metode tersebut, sebab ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Dengan metode pembayaran ini, Anda tak perlu lagi memikirkan jumlah cicilan nanti sehingga uang yang Anda miliki dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.

  • Periksa Kondisi Hunian

Jika Anda sudah menentukan cara pembayaran yang tepat, jangan lupa untuk mengecek kondisi dan kualitas keseluruhan hunian yang akan Anda tempati. Jangan sampai, ada kerusakan serius yang telah ditutup-tutupi pihak penjual rumah. Apabila Anda menemukan kondisi tersebut, sebaiknya lakukan negosiasi bersama pemilik rumah. 

Itulah beberapa tips membeli rumah bagi para pemula atau pasangan baru yang ingin memiliki hunian pertama. Semoga bermanfaat!

0 Komentar