Tentunya perihal dalam membeli tanah memang tidak mudah dilakukan. Untuk itu, anda perlu mengetahui berbagai tips membeli tanah supaya anda tidak mudah tertipu. Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasan selengkapnya.

Berikut ini 6 Tips membeli tanah yang mungkin bisa jadi acuan Anda ketika ingin membeli tanah

1. Cek kondisi tanahnya

Langkah pertama yang harus anda lakukan saat ingin membeli tanah adalah dengan memastikan kondisi tanahnya. Tentunya hal ini sangat erat hubungannya dengan jenis dan kontur tanahnya, apakah mumpuni nantinya didirikan bangunan atau tidak. Ada baiknya anda bisa membeli tanah yang posisi tanahnya tidak miring, kecuali untuk anda yang memang suka dengan kontur tanah seperti itu. Nah, aspek lain yang juga harus dicermati adalah air. Ketahui apakah debit air yang terdapat di area tersebut mudah digali atau tidak. Dan yang tak kalah penting adalah lokasi yang juga perlu anda pertimbangkan dengan baik. Usahakan untuk membeli tanah di area strategis, yang didukung dengan infrastruktur memadai. 

2. Bebas sengketa

Tips membeli tanah yang aman berikut ini memang tak kalah penting untuk anda ketahui. Sebaiknya jangan membeli tanah yang berstatus sengketa warisan, dokumennya tidak lengkap, masih menjadi jaminan bank, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan tanah dengan kepemilikan yang tidak jelas pastinya akan menyusahkan dan merugikan anda sebagai pembeli.

Cara untuk memastikan tanah yang dibeli bebas dari sengketa adalah dengan cara mengetahui riwayat tanah tersebut. Pastikan juga sebelum anda membeli tanah agar bisa bertanya kepada pejabat setempat untuk mengetahui asal-usul dari tanah tersebut. Terlebih lagi ketika tanah yang akan dibeli ternyata belum bersertifikat, maka jangan coba-coba untuk membuatkan akta jual beli sebelum anda mengetahui riwayatnya. 

3. Luas tanah ideal

Memang luas tanah yang akan diinvestasikan sangat tergantung dengan kemampuan keuangan yang anda miliki. Tetapi jika anda bukan sebagai developer properti, maka luas tanah ideal tidaklah harus berhektar-hektar.

Anda bisa menentukan luas tanah ideal sekiranya dapat dibangun hunian layak. Yang pasti hal ini bisa meningkatkan nilai jual nantinya, bahkan akan memudahkan anda ketika ingin dipasarkan kembali. Nah, sebelum membeli, maka pertimbangkan dengan baik berapa ukuran tanah yang diperlukan.

4. Tidak likuid

Pada dasarnya tanah adalah jenis investasi yang bersifat tidak likuid atau dalam jangka waktu cepat tidak bisa diuangkan. Maka dari itu, sebaiknya tanah tidak dijadikan sebagai keuangan pokok atau dana darurat.

Sebisa mungkin belilah tanah untuk dijadikan sebagai investasi anda yang dananya berasal dari tabungan masa depan hingga dana tak terpakai. Namun jika tabungan yang dimiliki terbatas, tentunya anda bisa membeli tanah yang memang saat ini belum memiliki prospek pembangunan, atau dengan kata lain kisaran harga yang ditawarkan masih tergolong murah. 

5. Ketahui harga yang ditawarkan

Tips membeli tanah murah selanjutnya adalah dengan mengetahui kisaran harga yang ditawarkan. Membeli tanah tentunya bukan hanya perkara mengetahui berapa harga tanah per meter persegi saja.

Tetapi perhatikan juga faktor biaya yang lain, dari mulai perpajakan, biaya administrasi dengan Pejabat Pembuat Akta Tanah atau PPAT, dan sebagainya. Dengan begitu, pengurusan kepemilikan dan legalitas tanah bisa selesai dengan cepat. Tidak hanya itu saja, pastikan bahwa PPAT tersebut bisa turun ke lapangan agar dapat mengecek tanah tersebut supaya tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. 

6. Bebas penggusuran

Pastikan juga bahwa agar anda tidak membeli tanah yang merupakan milik negara atau yang masuk sebagai peta rencana pembangunan pemerintah. Hal ini dikarenakan tanah tersebut sangat berisiko menjadi target untuk pembebasan lahan. Saat ini memiliki sertifikat tanah ternyata tidak menjamin bahwa tanah akan terbebas dari penggusuran. Hal ini berarti pengadaan tanah untuk kepentingan umum seperti pembangkit listrik, bandara, jalan raya, tidak bisa ditolak.

Selain itu, sebaiknya anda bisa melihat Tata Ruang Kota langsung ke Dinas Tata Kota setempat agar dapat memastikan bahwa tanah yang dibeli bukan tanah yang dipergunakan untuk pembangunan fasilitas umum.  Nah, ketika anda sudah mengetahui beberapa tips membeli tanah seperti yang telah dipaparkan di atas, pastinya membeli tanah akan semakin lancar, bahkan anda pun bisa terhindar dari berbagai masalah di kemudian hari.

0 Komentar