Apakah anda saat ini sedang berencana ingin membangun rumah? Jika iya, maka sebelum ingin membangunnya, ada baiknya anda bisa mengetahui berbagai tips memilih bahan bangunan seperti pada pembahasan berikut ini.

Pilihlah batu bata merah dengan tekstur yang keras

Batu bata merah pada umumnya digunakan dalam membentuk struktur dinding dari bangunan rumah yang selanjutnya diberi plesteran lagi. Nah, kelebihan yang dimiliki oleh batu bata merah ini adalah sifatnya yang bisa menyerap panas dengan baik, dengan begitu rumah anda bisa terasa sejuk. Ketika akan membangun rumah, maka sebaiknya anda bisa memilih batu bata merah dengan tekstur yang keras, tidak mudah retak, dan berukuran sedang. Tentunya tingkat kekuatan dari batu bata bisa anda ketahui dengan mengetuknya menggunakan potongan besi. Jika anda mendengar suara yang nyaring, dapat dikatakan bahwa batu bata tersebut merupakan batu bata berkualitas.  

Pilihlah genteng dengan teliti

Tips memilih bahan bangunan rumah selanjutnya adalah dengan memilih genteng secara tepat dan teliti. Pada dasarnya genteng adalah salah satu bagian paling penting dari rumah. Saat ini sudah banyak jenis genteng yang memiliki berbagai warna, harga, bentuk, bahan, hingga kualitasnya. Untuk lebih jelasnya, berikut tips memilih genteng yang harus anda ketahui.

  • Pilihlah genteng yang sesuai kekuatan rangka yang nantinya digunakan

Tentu saja, penyesuaian genteng dengan rangka yang nantinya digunakan sangat menentukan keamanan dan performa bangunan. Untuk itu, sebaiknya anda bisa memilih genteng dengan berat yang tergolong ringan, namun tidak terlalu berat.

  • Gunakan genteng dengan kondisi fisik yang bagus

Janganlah memilih genteng yang terdapat retakan di bagian ujungnya. Karena hal ini akan sangat berisiko terjadinya kebocoran. Sebaiknya pembelian dalam jumlah banyak bisa dilakukan pengecekan menggunakan teknik sampling agar dapat memastikan bahwa fisik dari genteng tersebut masih benar-benar bagus, bebas retakan, dan mulus.

  • Pilihlah genteng yang memiliki satu ukuran

Sebaiknya ketika memilih genteng, maka terlebih dahulu memastikan bahwa ukuran genteng yang anda pilih telah memiliki ukuran yang sama. 

Memilih pasir

Pasir merupakan bahan material wajib yang harus anda beli ketika ingin membangun rumah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pasir adalah bahan pokok saat akan membangun rumah. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini merupakan cara yang bisa dilakukan untuk memilih pasir dengan kualitas terbaik.

  • Pasir haruslah memiliki butiran yang tajam. Untuk mengetahuinya, maka anda bisa mengambil pasir, lalu genggam pasir tersebut. Nah, butiran pasir yang baik akan terasa tajam di permukaan telapak tangan.
  • Ketika dilihat secara visual, maka butiran pasir yang baik adalah ketika anda kepal pasirnya, maka hasilnya pasir tersebut tidak akan menggumpal.  

Belilah pasir berkualitas dengan merek terkenal

Semen adalah bahan bangunan yang begitu penting agar dapat membuat pondasi seperti acian, plesteran, hingga pemasangan keramik. Semen yang berkualitas idealnya memiliki tekstur yang sangat lembut dengan butiran yang dapat terurai ketika dipegang. Dan yang paling penting adalah hindarilah untuk membeli semen yang terlihat kasar dan mulai menggumpal. Tidak hanya itu saja, pastikan juga untuk membeli semen dengan merek terkenal. Hal ini dikarenakan semen yang seperti itu sering digunakan para kontraktor bangunan. 

Pilih kayu konstruksi yang kuat

Tips memilih bahan bangunan terbaik selanjutnya adalah dengan memilih kayu konstruksi yang kuat. Kayu sendiri merupakan salah satu material yang juga penting ketika dilakukannya pembangunan rumah yang dijadikan sebagai kusen, batang jendela, penyangga kaca jendela, hingga pintu. Saat ini ada banyak sekali jenis kayu yang ada di pasaran. Tetapi anda harus bisa memastikan bahwa kayu yang dipilih merupakan kayu berkualitas. Sebaiknya pilihlah kayu berkualitas untuk kontruksi rumah dengan memilih kayu yang kadar airnya adalah di bawah kisaran 20% serta cukup kuat dalam

0 Komentar